Mengenal Corel Draw

Pendahuluan CorelDRAW
merupakan program Desain Grafis - Ilustrasi yang selain berfungsi untuk membuat, mengedit objek gambar, teks dan lain-lain ke dalam komputer. seperti : Deesain Pakaian, Desain Brosur, Pamflet, Banner, Kartu nama, mengambil gambar dari media lain, dan lain-lain. Dan juga untuk Desktop Publishing yang memungkinkan pengolahan berbagai jenis dokumen sederhana maupun kompleks.

Bekerja dengan CorelDRAW
Pada waktu aktif pertama kali, system akan menampilkan kotak dialog bernama WELCOME TO CORELDRAW secara default, tetapi tidak harus dimunculkan pada saat mengaktifkan aplikasi CorelDRAW

Informasi Tampilan Layar 
Pembahasan akan dimulai dengan informasi tampilan layar sistem CorelDRAW serta istilah standar yang digunakan untuk elemen tampilan layar tersebut
Pada tampilan layar yang telah disediakan oleh CorelDRAW kita dapat memluai bekerja dengan alat-alat yang ada di dalam tool box seperti : pick tool (untuk memilih, memindah, mentransformasi objek, dan lain-lain), rectangle tool (membuat objek kotak), ellipse tool (membuat objek lingkaran), polygon tool dan sebagainya yang langsung bisa dioperasikan pada drawing area/printable area.

Property bar
Digunakan untuk memunculkan keterangan-ketereangan pada saat kita menggunakan alat-alat yang ada pada toolbox

Garis Mistar
Penggaris CorelDRAW (mistar) sangat membantu dalam membentuk objek lukisan yang memerlukan akurasi dan lokasi penempatan suatu objek. Selain penggaris, CorelDRAW juga menyediakan garis bantu (Guidelines) untuk pembentukan objek yang lebih akurat. Garis bantu tersebut dapat berupa garis vertical, horizontal atau diagonal.


Pengaturan Lembar Kerja (Layer)
Untuk mengatur layere secara kompleks sebaiknya anda menggunakan manu lay put pada sub menu page setup
  • Normal Paper : aktifkan bagian ini untuk meminta CorelDRAW agar menyiapkan lembar kereja standar
  • Labels : Aktifkan bagian ini untuk meminta CorelDRAW agar menyiapkan lembar kerja berbentuk label dengan ukuran yang terleetak pada jendela sebelah kirinya
  • Potrait : Aktifkan bagian ini untuk meminta CorelDRAW agar menyiapkan lembar kerja berbentuk cetak vertikal (tegak)
  • Landscape : Aktifkan bagian ini untuk meminta CorelDRAW agar menyiapkan lembar kerja berbentuk cetak horizontal (mendatar)
  • Paper : Pada bagian ini, tentukan jenis kertas yang akan digunakan, misalnya kertas berukuran A4, Kwarto (letter), Folio, Legal, dan lain-lain.

Pembuatan Objek Dasar
Untuk membuat objek dasar di CorelDRAW klik salah satu objek di TOOLBOX, kemudian DRAG di lembar kerja (Drawing Area / Printtable Page)
pada corelDRAW kita juga dapat menggunakan kombinasi tombol keeyboar dengan DRAG pada mouse dalam pembuatan objek dasar
  • Drag : membuat objek sesuai dengan gerakan mouse yang dilakukan namun ukurannya tidak proporsi
  • Shift + drag : membuat objek dasar dengan posisi mouse sebagai titik tengah
  • Ctrl + drag : membuat objeke dasar dengan ukuran proporsi

Cara ini bisa kita praktekkan pula pada alat-alat lain yang berada di dalam alat tool box sesuai dengan kebutuhan yang kita perlukan untuk membentuk suatu objek

Sekian dari saya, tunggu postingan selanjutnya terima kasih semoga bermanfaat.
Jangan Lupa Komen dan Ikuti yaa


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Nirmana Dwimatra (2 Dimensi)

Beberapa Cerita Menarik Tentang Banksy