Beberapa Cerita Menarik Tentang Banksy

Semenjak masuk kedalam dunia graffiti pada awal 2000-an, Banksy menjadi salah satu seniman yang paling dibicarakan dalam generasi kita, mengeksebisikan karya seninya sendiri untuk mengekspresikan kekritisannya.

Dinding Tepi Barat

https://desdenotanlejos.files.wordpress.com/2011/09/muro-banksy1.jpg

Dinding Tepi Barat adalah pembatas yang membatasi Israel dan Palestina, dengan panjang 684 km dan tiga kali lebih tinggi dari Dinding Berlin. Tempat ini menjadi salah satu tempat paling berbahaya di dunia, dan pada tahun 2005, Banksy membuat tag pada kedua sisi dinding tersebut.
Salah satu gambar adalah jendela panorama yang memperlihatkan padang rumput yang hijau, dan gambar satunya adalah dua anak-anak yang “memanjat dinding” dengan kombinasi balon serta tangga. Bagaimana dia melakukan ini, masih menjadi misteri sampai sekarang. Meskipun juru bicara Banksy mengatakan bahwa dia hampir ditembak oleh penjaga lebih dari sekali selama mengerjakan gambar tersebut.


Perang Graffiti

 http://ilovegraffiti.de/wp-content/uploads/2014/07/banksy-robbo-02.jpg
 

Salah satu seniman graffiti sebelum Banksy adalah Robbo yang berasal dari Inggris, dan pada suatu pagi, Banksy “menimpa” salah satu dari tag Robbo, yang telah ada semenjak tahun 1985. Hal ini membuat si seniman keluar dari persembunyiannya. Robbo melawan dengan menimpa kembali gambar pekerja yang menimpa tag Robbo dengan kata “KING ROBO.” Banksy lalu menimpa kembali tag tersebut dengan menambahkan huruf “FU” didepan “KING ROBBO.” Perang graffiti ini berlangsung selama 2 tahun sampai Robbo mengalami cedera kepala yang serius dan membuatnya tidak dapat melanjutkan peperangan tersebut. Banksy pada akhirnya menang dan menimpa kembali tag buatannya dengan tag asli Robbo

Identitas Bansky 

http://segiempat.com/wp-content/uploads/2013/12/Gambar-Keempat-Beberapa-Cerita-Menarik-Tentang-Banksy-Oleh-Unik-Segiempat.png 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Diluar dari ketenaran Banksy, tidak ada satupun yang tahu identitas aslinya. Dia beberapa kali melakukan wawancara dengan menggunakan topeng, dimana dia mengklaim bahwa dirinya adalah dekorator pelukis sekolah seni yang dipecat. Beberapa orang mengklaim bahwa sebenarnya tidak ada seorangpun yang bernama Banksy, dan beberapa diantaranya mengklaim bahwa dirinya adalah seniman kontroversial, alter ego dari Damien Hirst. Dan baru-baru ini, ada salah seorang yang dicurigai sebagai Banksy, yaitu Robin Cunningham, seniman berumur 39 tahun yang tertangkap gambar lebih dari sekali disekitar karya seni Banksy. Tim Banksy sendiri tidak pernah mengkonfirmasi ataupun membantah klaim ini, jadi sampai sekarang tidak ada seorangpun yang tahun siapakah Banksy.

 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Nirmana Dwimatra (2 Dimensi)